Tutorial Menggunakan OpenVPN di Handheld Android

Tutorial kali ini adalah request dari seseorang, tapi saya lupa siapa orangnya :-D , tapi mungkin juga bisa berguna bagi orang lain. Untuk pengguna Android, khususnya gretongerz pasti sudah tidak asing dengan yang namanya DroidVPN, DroidVPN adalah salah satu layanan aplikasi VPN di Android yang cukup terkenal, tetapi untuk free user di batasi hanya 100 MB per hari, untuk akses unlimited kita harus membayar tentunya.

Nah, untuk itu agar kita tidak perlu membayar untuk mendapatkan akses unlimited, saya akan share bagaimana caranya menggunakan layanan dari OpenVPN yang biasanya kita gunakan untuk PC, tapi kali ini kita gunakan OpenVPN di handheld kita untuk aktifitas internet.

Untuk akun yang akan digunakan untuk tutorial OpenVPN ini, anda bisa menggunakan akun VPN dari Freeuploads.fr yang pernah saya bahas sebelumnya disini.
Sebelum saya mulai tutorialnya, pastikan terlebih dahulu HH anda harus dalam kondisi yang sudah “rooted” jika tidak, OpenVPN ini tidak akan bisa berjalan dengan baik, karena OpenVPN ini membutuhkan super user.

1. Jika anda belum punya akun OpenVPNnya bisa daftar terlebih dahulu di layanan yang tadi telah saya sebutkan diatas.

2. Download config beserta sertifikatnya, lalu pindahkan kedalam SD card HH anda, buat folder openvpn, lalu masukan file – file tersebut ke dalamnya, jangan lupa hapus file Client.conf agar tidak konflik saat akan memulai koneksi.

3. Sekarang download OpenVPN installer, OpenVPN settings serta TUN.ko installer di Google Play, sebelumnya saya mohon maaf tidak menyediakan direct linknya, karena APK downloader saya entah kenapa tidak bisa digunakan lagi. Link Google Play ketiga aplikasi diatas dapet di lihat di bawah ini

4. Pertama install OpenVPN installer untuk menyimpan binary OpenVPN ke dalam HH, tinggal pilih “Install” saja, maka binary OpenVPNnya akan langsung terinstall, tapi jika keluar opsi lokasi binary tersebut pilih /system/xbin/openvpn. Jika sudah berhasil terinstall akan ada tulisan Binary installed.

5. Sekarang install OpenVPN settings, lalu buka aplikasi tersebut dan setelah masuk ke interfacenya pilih menu lalu pilih advance, opsi Path to configuration adalah letak atau tempat dimana config dan juga sertifikat OpenVPN kita berada, karena kita telah menyimpan config dan juga sertifikatnya di dalam folder openvpn, maka isi dengan /sdcard/openvpn.

6. Opsi kedua yaitu Path to openvpn binary, ini adalah lokasi dimana binary Openvpn itu di install, isi dengan /system/xbin/openvpn.

7. Install TUN.ko installer, fungsinya adalah sama seperti TUN driver di PC.

8. Setelah itu kembali ke interface utama OpenVPN settings, jika semua langkah telah di lakukan dengan benar akan terlihat config OpenVPN kita, karena kita menggunakan akun dari FreeUploads maka disitu akan terlihat Client.ovpn, tinggal ceklist saja OpenVPN dan jaringan pun akan mulai terhubung dengan server OpenVPN, saat berhasil terhubung coba akses internet anda dan cek IP anda, jika berubah maka anda telah menggunakan OpenVPN di HH anda :) .

Karena config OpenVPN yang digunakan sama dengan yang digunakan untuk PC jadi kita juga bisa menerapkan trik internet gratis di OpenVPN dalam HH ini. :-D
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s